Perancangan Sistem Informasi

TM-1: DFD SIS

TM-1 DFD SIS

TM-2: Pengantar UML

TM-2

TM-3: Class Diagram SIS

TM-3 Class Diagram SIS

TM-4 Class Diagram Registrasi

TM-4

TM-5 Use Case Diagram SIS

TM-2 Pengantar UML

TM-6: Sequence Diagram SIS

TM-6

TM-7: State Diagram SIS

TM7

TM-8 Use Case dan Class Diagram SIS dari UTS

tm8

TM-9: Class Diagram Perpanjangan KTP

TM9

TM-10: Class Diagram Perpanjangan KTP dengan agregasi dan constraint, composite, serta interface dan relasi

TM10

TM – 11 Activity Diagram Pengurusan KTP

TM11

TM-12 State Diagram Pengurusan KTP

TM12

Rangkuman

Pertemuan 1 TERMINOLOGI

ANALISA       : Suatu kegiatan yg dimulai dari proses awal didalam mempelajari serta mengevaluasi suatu bentuk permasalahan (case) yg ada.

SISTEM          : Seperangkat unsur2 yg terdiri dari manusia, mesin/alat & prosedur serta konsep2 yg dihimpun menjadi satu utk maksud & tujuan bersama.

INFORMASI :Data yg telah diolah menjadi bentuk yg lebih berguna & berarti bagi yg menerimanya

HUBUNGAN SISTEM DENGAN SUBSISTEM

KARAKTERISTIK SISTEM(penggambaran sistem secara logik)

v COMPONENTS (komponen)                                   INPUT (masukan)

v BOUNDARY (batasan sistem)                                OUTPUT (keluaran)

v ENVIRONMENTS (lingkungan luar sistem)            PROSES (pengolahan sistem)

v INTERFACE (penghubung sistem)                          OBJECTIVES & GOAL (sasaran dan tujuan sistem)

KLASIFIKASI SISTEM

1. SISTEM ABSTRAK vs SISTEM FISIK                                      3. DETERMINAN SISTEM vs PROBABILISTIK SISTEM

2. SISTEM ALAMIAH vs SISTEM BUATAN MANUSIA          4. SISTEM TERTUTUP vs SISTEM TERBUKA

PERSONIL SISTEM

BRAINWARE (Personil) yaitu

  1. EDP MANAGER                                     4.  OPERATORKOMPUTER
  2. SISTEM ANALIS                                    5.  DATA ENTRY
  3. PROGRAMMER                                     6.  TEKHNISI KOMPUTER

FUNGSI ANALIS SISTEM

  • Mengidentifikasi Masalah Kebutuhan User
  • Menyatakan secara spesifik sasaran yang harus dicapai
  • Memilih alternatif metode pemecahan masalah
  • Merencanakan dan menerapkan rancangan sistem

TUGAS SISTEM ANALIS

  1. Mengumpulkan & Menganalisa Dokumen
  2. Menyusun Dan Menyajikan Rekomendasi
  3. Merancang Dan Mengidentifikasi Sistem
  4. Menganalisa Dan Menyusun Biaya
  5. Mengawasi Kegiatan Penerapan Sistem

PRIBADI  ANALIS SISTEM

  1. Mampu bekerja sama                   5. Mempunyai pendirian
  2. Berkomunikasi  dgn baik             6. Bersikap tegas
  3. Bersikap dewasa                             7. Bertindak secara metodik
  4. Sopan santun                                   8. Akurat & kreatif

Pertemuan 2

GAYA ORGANISASI DAN DAMPAKNYA TERHADAP SISTEM INFROMASI 

KONSEP DASAR INFORMASI

Informasi adalah data yang telah diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan berarti bagi yang menerimanya

KUALITAS INFORMASI : Akurat, Tepat Waktu, Relevan

  • NILAI INFORMASI  : Manfaat dan Biaya Yang Dikeluarkan

INFORMASI UNTUK ORGANISASI

*) TIPE INFORMASI DARI TOP : DOWN BERSIFAT TERSARING

*) TIPE INFORMASI DARI DOWN : TOP BERSIFAT TERINCI

  1. TOP MANAGER, Informasi sbg pendukung perencanaan & perumusan kebijakan
  2. MIDLE MANAGER, Informasi sbg alat bantu planning & decision maker
  3. LOW MANAGER, Informasi sbg pendukung operasi manajemen sehari2
  4. STAFFING, Informasi untuk mengolah transaksi suatu proses

Sistem Informasi  :  suatu sistem di dlm suatu organisasi yg mempertemukan kebutuhan proses dgn laporan2 yg diperlukan

KOMPONEN SISTEM INFORMASI

  1. INPUT BLOCK                                   4.TECHNOLOGY BLOCK
  2. MODEL BLOCK                                 5. DATABASE BLOCK
  3. OUTPUT BLOCK                                6. CONTROL BLOK

ORGANISASI SISTEM INFORMASI.

  1. Manusia                                               4. Pekerjaan
  2. Sasaran                                                5. Teknologi
  3. Tempat Kedudukan                        6. Struktur & Lingkungan

Perusahaan Virtual

Adalah perusahaan yang menggunakan jaringan komputer dan teknologi komunikasi untuk membawa masyarakat dengan kemampuan-kemampuan khusus bekerja bersama-sama mengerjakan satu proyek meski secara fisik mereka menempati lokasi terpisah.

Keuntungan Perusahaan Virtual

  1. Mengurangi biaya untuk fasilitas-fasilitas fisik
  2. Respons yang lebih cepat  terhadap kebutuhan konsumen
  3. Membantu pegawai virtual memenuhi kewajiban-kewajiban untuk keluarga mereka.

Pertemuan 3 Modelling Tools

  • SSAD (Structured System Analysis and design)

* DAD (konteks diagram, overview, detail diagram)

* Data Dictionary dan normalisasi

* Bagan terstruktur

OOAD (Object Oriented Analysis Design) à (UML)

* Use Case                                    * State Diagram

* Class Diagram                         * Activity Diagram

* Sequence Diagram

  • DATA FLOW DIAGRAM

Adalah suatu network yg menggambarka suatu sistem automat/komputerisasi, manual atau gabungan dari keduanya dalam susunan berbentuk komponen sistem yg saling berhubungan sesuai dgn aturan mainnya.

ATURAN MAIN DFD

  1. Dlm DFD tidak boleh menghubungkan antara EXTERNAL ENTITY dgn EXTERNAL ENTITY secara langsung
  2. Dlm DFD tidak boleh menghubungkan antara DATA STORE  dgn DATA STORE secara langsung
  3. Dlm DFD tidak boleh menghubungkan antara DATA STORE dgn EXTERNAL ENTITY secara langsung (atau sebaliknya)
    1. Setiap PROSES harus ada DATA FLOW yg masuk dan ada DATA FLOW yg keluar.

CARA MEMBUAT DFD

  1. Top-Down Analysis, mulai dari umum s/d detail
  2. Jabarkan proses s/d sedetail mungkin.
  3. Pelihara Konsistensi Entity, Proses, Data Flow dan Data Store yang terjadi dalam Data Flow Diagram.
  4. Berikan Label yg bermakna untuk tiap2 simbol.

Konsep Arus Data

  1. Konsep Paket dari Data                               3. Konsep Arus Data Mengumpul
  2. Konsep Arus Data Menyebar                   4. Konsep Sumber dan Tujuan Data

TAHAPAN PROSES PEMBUATAN DFD (KONSTRUKSI)

  1. Buat DIAGRAM KONTEKS (Global)        3. Buat  DIAGRAM DETAIL (Detail/Rinci)
  2. Buat DIAGRAM NOL (0)

Terdapat 2 bentuk DAD :

  1. Diagram arus data fisik adalah Diagram yang menekankan pada bagaimana proses dari sistem diterapkan.
  2. Diagram arus data logik adalah Diagram yang menekankan proses-proses apa yang terdapat di sistem.

Keunggulan dan Kelemahan DAD

Walaupun DAD memiliki keunggulan-keunggulan yaitu dapat menggambarkan sistem secara terstruktur dengan memecah-mecah menjadi level yang lebih rendah (decomposition), dapat menunjukkan arus data di sistem, dapat menggambarkan proses paralel di sistem, dapat menunjukkan simpanan data, dapat menunjukkan simpanan data, dapat menunjukkan kesatuan luar, tetapi DAD juga mempunyai keterbatasan.

Kelemahan DAD :

1. DAD tidak menunjukkan proses looping

2. DAD tidak menunjukkan proses decision

3. DAD tidak menunjukkan proses perhitungan

Pertemuan 4 ANALISA PERANCANGAN KAMUS DATA & INPUT

DATA DICTIONARY

Kamus Data adalah suatu aplikasi khusus dari jenis kamus-kamus yang digunakan sebagai referensi kehidupan sehari-hari

Kegunaan  Kamus Data :

  1. Memvalidasi diagram alir data dalam hal kelengkapan dan keakuratan

2. Menyediakan suatu titik awal untuk mengembangkan layar dan laporan-laporan

3. Menentukan muatan data yang disimpan dalam file-file

4. Mengembangkan logika untuk proses-proses DAD

Fungsi Data Dictionary à suatu katalog yang menjelaskan lebih detail tentang DFD yang mencakup proses, data flow & data store.

Hal yg harus dimuat dalam Data Dictionary

  1. Nama Arus Data                             5. Penjelasan
  2. Alias                                              6. Periode
  3. Bentuk Data                                    7. Volume
  4. Arus Data                                        8. Struktur data

NOTASI PADA KAMUS DATA

  1. NOTASI TIPE DATA                     2. NOTASI STRUKTUR DATA

Notasi Tipe Data Untuk membuat spesifikasi format masukan dan keluaran suatu data.

Notasi              Keterangan                      Notasi              Keterangan

X                     Setiap karakter                         .       Titik, sebagai Pemisah Ribuan

9                      Angka Numerik                       ,       Koma, sebagai Pemisah Pecahan

A                     Karakter Alphabet                   _    Hypen, sebagai tanda penghubung

Z                      Angka Nol yang ditampilkan dalam spasi kosong

/                       Slash, sebagai tanda pembagi

Perancangan Input

Merupakan awal dimulainya proses informasi. Bahan mentah dari informasi adalah data yang terjadi dari transaksi-transaksi yang dilakukan oleh organisasi.

Dokumen Dasar

1.  fungsi dari dokumen dasar                                

2.  Pedoman Dokumen Dasar

-  Pembagian area Caption :                   * Horizontal Check Off Caption

* Caption                                                   * Checklist Caption

* Box Caption                                          * Blocked Space Caption

* Yes/No Check Off Caption              * Scannable Form Caption

3.  Cara Mengurangi Input (Masukan)

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengurangi jumlah masukkan,cara yang dapat dilakukan adalah:

  1. Menggunakan kode
  2. Data yang relatif konstan disimpan di file induk
  3. Jam dan Tanggal dapat diambil dari sistem
  4. Rutin perhitungan dilakukan oleh sistem

Pertemuan 5 UNIFIED MODELLING LANGUAGE (UML)

Unified Modelling Language (UML) adalah sebuah “bahasa” yg telah menjadi standar dalam industri untuk visualisasi, merancang dan mendokumentasikan sistem piranti lunak. UML menawarkan sebuah standar untuk merancang model sebuah sistem.

UML mendefinisikan diagram-diagram berikut ini :

  • use case diagram                      * activity diagram
  • class diagram                           * object diagram
  • sequence diagram                    * collaboration diagram
  • statechart diagram                    * component & deployment diagram

Use case diagram menggambarkan fungsionalitas yang diharapkan dari sebuah sistem. Yang ditekankan adalah “apa” yang diperbuat sistem, dan bukan “bagaimana”.

Sebuah use case merepresentasikan sebuah interaksi antara aktor dengan sistem.

Stereotype

Stereotype adalah sebuah model khusus yang terbatas untuk kondisi tertentu. Simbolnya  “<<“ diawalnya dan “>>” diakhirnya.

            <<include>> digunakan untuk menggambarkan bahwa suatu use case seluruhnya merupakan fungsionalitas dari use case lainnya.

<<extend>> atau <<extend>> digunakan untuk menunjukkan bahwa satu use case merupakan tambahan fungsionalitas dari use case yang lain jika kondisi atau syarat tertentu yang dipenuhi.

Class Diagram

Class adalah sebuah spesifikasi yang jika diinstansiasi akan menghasilkan sebuah objek dan merupakan inti dari pengembangan dan desain berorientasi objek. Class menggambarkan keadaan (atribut/properti) suatu sistem, sekaligus menawarkan layanan untuk memanipulasi keadaan tersebut (metoda/fungsi).

Class diagram menggambarkan struktur dan deskripsi class, package dan objek beserta hubungan satu sama lain seperti containment, pewarisan, asosiasi, dan lain-lain.

Class memiliki tiga area pokok :

a. Nama (dan stereotype)             b. Atribut                     c. Metoda

Atribut dan metoda dapat memiliki salah satu sifat berikut :

* Private, tidak dapat dipanggil dari luar class yang bersangkutan

* Protected, hanya dapat dipanggil oleh class yang bersangkutan dan anak-anak yang mewarisinya

* Public, dapat dipanggil oleh siapa saja

Pertemuan 6 UNIFIED MODELLING LANGUAGE (UML)(Part 2)

Sequence Diagram

Sequence diagram menggambarkan interaksi antar objek di dalam dan di sekitar sistem (termasuk pengguna, display, dan sebagainya) berupa message yang digambarkan terhadap waktu. Sequence diagram terdiri atas dimensi vertikal (waktu) dan dimensi horizontal (objek-objek yang terkait).

Sequence diagram biasa digunakan untuk menggambarkan skenario atau rangkaian langkah-langkah yang dilakukan sebagai respons dari sebuah event untuk menghasilkan output tertentu. Diawali dari apa yang men-trigger aktivitas tersebut, proses dan perubahan apa saja yang terjadi secara internal dan output apa yang dihasilkan.

Pertemuan 7 StateChart Diagram

Statechart diagram menggambarkan transisi dan perubahan keadaan (dari satu state ke state lainnya) suatu objek pada sistem sebagai akibat dari stimuli yang diterima. Pada umumnya statechart diagram menggambarkan class tertentu (satu class dapat memiliki lebih dari satu statechart diagram).

Statechart diagram digunakan untuk memodelkan perilaku dinamis satu kelas atau obyek. Statechart diagram memperlihatkan urutan keadaan sesaat (state) yang dilalui sebuah obyek, kejadian yang menyebabkan sebuah transisi dari satu state atau aktivitas kepada yang lainnya dan aksi yang menyebabkan perubahan satu state atau aktivitas. Statechart diagram khususnya digunakan untuk memodelkan tahap-tahap tertentu dari sebuah siklus hidup obyek.

Pertemuan 8

  • Visualisasi Model dengan Diagram
  •  Pemahaman Object Oriented

Visualisasi Model

Model adalah penyederhanaan realita yang mendeskripsikan sebuah sistem dari perspektif tertentu.

Untuk sistem yang kompleks, model perlu dibuat karena tidak mungkin untuk memahami semuanya.

Model penting, karena membantu tim pengembang untuk visualisasi, spesifikasi dan mendokumentasikan struktur dan perilaku dari arsitektur sistem. Pemodelan visual membantu kemampuan tim dalam memanage kompleksitas software.

Diproyek pengembangan sistem apapun, fokus utama dalam analisis dan perancangan adalah Model.

Diagram

Disisi lain, ada alat bantu lain yang sangat sering dipakai oleh sistem analis dan perancang. Alat bantu tersebut adalah diagram.

Mengapa perlu banyak Diagram ?

Umumnya sebuah sistem mempunyai sejumlah stakeholder. Ketika kita merancang sebuah sistem untuk seorang pelanggan, maka akan sangat berbeda ketika sistem tersebut kita terapkan untuk banyak pelanggan.Tujuan utama dari banyaknya diagram ini adalah untuk memuaskan semua stakeholder.

Model & Diagram

Apa beda antara Model dan Diagram ?

Diagram menggambarkan atau mendokumentasikan beberapa aspek dari sebuah sistem. Sedangkan sebuah model menggambarkan pandangan yang lengkap tentang suatu sistem pada suatu tahapan tertentu dan  dari perspektif tertentu.

Sebuah Model mungkin mengandung satu atau lebih Diagram. Untuk Model sederhana, satu Diagram mungkin akan mencukupi. Akan tetapi biasanya sebuah Model terdiri dari banyak Diagram.

Pemahaman Dasar Object Oriented

Sebuah obyek memiliki keadaan sesaat (state) dan perilaku (behaviour).

cth: Eksekutif perusahaan à karyawan, absensi, gaji, profit obyek

Arsitek : gedung, biaya, tenaga kerja

State sebuah obyek adalah kondisi obyek tersebut yang dinyatakan dalam attribute/properties.

Sedangkan perilaku suatu obyek mendefinisikan bagaimana sebuah obyek bertindak/beraksi dan memberikan reaksi. Perilaku sebuah obyek dinyatakan dalam operation.

ATTRIBUTE, OPERATION DAN VISUALISASINYA

Attribute adalah property dari sebuah class. Attribute melukiskan batas nilai yang mungkin ada pada obyek dari class. Sebuah class mungkin mempunyai nol atau lebih attribute.

UML memberikan pilihan untuk menambahkan informasi bagi Attribute, seperti Tipe Attribute, yang memungkinkan adalah String, floating-point number, integer dan Boolean.

Operation adalah sesuatu yang bisa dilakukan oleh sebuah class (atau class yang lain) dapat lakukan untuk sebuah Class.

Salah satu bentuk operation  sebagai tambahan informasi adalah Function yang gunanya untuk mendapatkan nilai setelah operation dijalankan.

Pertemuan 9 BEKERJA DENGAN RELASI

ASSOCIATION adalah class-class yang terhubungkan satu sama lain secara konseptual.

CONSTRAIN PADA ASSOCIATION

Kadangkala sebuah asosiasi diantara dua class harus mengikuti sebuah aturan.

GENERALISASI  Generalisasi di Object Oriented (OO) digunakan untuk menjelaskan hubungan kesamaan di antara class. Obyek-obyek class bisa diatur secara hirarkis.

INHERITANCEadalah sebuah mekanisme pengimplementasian generalisasi dan spesialisasi. Ketika dua buah class dihubungkan dengan mekanisme inheritance maka class yang lebih umum disebut superclass dan yang lebih spesifik disebut subclass.

Aturan Inheritance secara umum à Subclass selalu mewarisi semua sifat dari superclass-nya

Inheritance sangat dekat asosiasinya dengan generalisasi. Generalisasi menjelaskan hubungan logis antar elemen-elemen yang mempunyai karakteristik yang sama. Sedangkan inheritance menerangkan mekanisme agar sharing bisa terjadi.

DEPENDENCY. Pada penggunaan relasi kadangkala satu class menggunakan class yang lain->dependency. Umumnya penggunaan dependency digunakan untuk menunjukkan operasi pada suatu class yang menggunakan class yang lain.

Pertemuan 10 Aggregation, Composite, Interface & Realization

AGREGASI

Asosiasi bisa digunakan untuk memodelkan relasi diantara obyek-obyek. Di UML, ada relasi dengan perlakuan khusus yang disebut dengan ‘part of’ yang menangani antar obyek-obyek yang lain. Dengan kata lain sebuah obyek terdiri atas obyek-obyek yang lain.

Agregasi adalah terminology yang digunakan di UML untuk menjelaskan hal tersebut. Sebuah agregasi adalah kasus khusus dari asosiasi. Agregasi disimbolkan dengan jajaran genjang yang diletakkan pada class yang mengandung obyek.

CONSTRAINT PADA AGREGASI

Constrain pada agregasi untuk menunjukkan sebuah komponen atau komponen yang lain sebagai bagian  dari keseluruhan.

COMPOSITE

Composite adalah sebuah tipe agregasi yang kuat dimana bagian dari obyek tergantung pada keseluruhan obyek.

Sedemikian kuatnya hubungan ini, bila sebuah obyek composite dibuang, maka bagian yang tergantung pada komponen tersebut akan terbuang juga pada saat yang bersamaan.

INTERFACE & REALISASI

Interface adalah satu set operation yang memberikan spesifikasi beberapa aspek dari perilaku dan operation di suatu class ke class yang lain. Relasi antara class dan interface disebut realization, dituliskan dengan garis putus-putus.

Pemodelan interface sama dengan pemodelan pada class, hanya saja pada interface  tidak mempunyai attribute.

Untuk membedakan interface dengan class, pada penamaan interface perlu ditambahkan “<<interface>>” atau ditambahkan huruf “I” didepan nama interface.

VISIBILITY Yang sangat dekat hubungannya ke interface dan realisasi adalah konsep visibility. Visibility ditetapkan ke attribute  atau operation.

Pertemuan 11 Component Diagram & Deployment Diagram

Apa itu Component ?

Component  Software adalah bagian fisik dari sebuah sistem, karena menetap di komputer, bukan dibenak para analis. Komponen bisa berupa tabel, file data, file exe, dokumen dan lain-lain.

Apa hubungan antara component dan class?

Component adalah implementasi software dari sebuah class. Class mewakili abstraksi dari serangkaian atribut dan operation.

Interface: Suatu Obyek harus menampilkan sebuah ‘wajah’ kepada dunia luar agar bisa berinteraksi dengan obyek tersebut untuk menjalankan operationnya. ‘Wajah’ obyek inilah yang disebut dengan Interface.

Interface dalam konsep UML adalah serangkaian operation yang menspesifikasikan perilaku sebuah class.

Apa itu Component Diagram ?

Component Diagram mengandung component, interface dan relationship.

Menurut Fowler (2004) hal penting pada component adalah component mewakili potongan-potongan yang independent yang bisa dipesan dan diperbaharui sewaktu-waktu.

Deployment Diagram                     

Apa itu Deployment Diagram ?

Deployment Diagram menunjukkan tata letak sebuah sistem secara fisik, menampakkan bagian-bagian software yang berjalan pada bagian-bagian hardware.

Bagian utama dari hardware adalah node (komputasi). Ada 2 tipe node yang mungkin yaitu Processor dan Device. Processor adalah node yang bisa mengeksekusi sebuah component, sedangkan device tidak. Device adalah perangkat keras (seperti printer  atau monitor) tipikalnya menjadi interface dengan dunia luar.

Node mengandung artifact, dimana artifact adalah manifestasi fisik dari software, biasanya file. File yang bisa dieksekusi misalnya .EXE, binner, Assembly atau script, dokumen HTML, dll.

Jadi, Daftar sebuah artifact didalam sebuah node menunjukkan bahwa artifact tersebut dideploy ke node tersebut pada saat sistem sedang berjalan. Dalam UML notasinya adalah kubus.

Package Diagram
Class merupakan bentuk dasar struktur sistem Object Oriented. Dalam membangun suatu sistem (sistem yang besar) pastinya akan menggunakan banyak class bahkan sampai ratusan class.
Package adalah mengelompokkan konstruksi yang memungkinkan untuk mengambil konstruksi tersebut di UML dan mengelompokkan elemen-elemen tersebut secara bersama-sama menjadi level yang lebih tinggi. Penggunaan yang umum dilakukan adalah mengelompokkan class.
Pada model UML, setiap class adalah anggota dari sebuah package. Package juga bisa menjadi anggota dari package yang lain. Dalam bentuk hirarki dari package paling tinggi sampai yang mengandung sub package dan class-class.

Pertemuan 12 Activity Diagram

Activity Diagram adalah teknik untuk mendeskripsikan logika prosedural, proses bisnis dan aliran kerja dalam banyak kasus. Simbol-simbol yang sering digunakan dalam pembuatan Activity Diagram.

Activity Diagram memiliki peran seperti halnya flowchart, akan tetapi perbedaannya dengan flowchart adalah activity diagram bisa mendukung perilaku paralel sedangkan flowchart tidak bisa.

Partition

Activity diagram menunjukkan apa yang terjadi, tetapi tidak menunjukkan siapa melakukan apa. Tapi jika diinginkan, activity diagram bisa dibagi dalam partition untuk menunjukkan siapa melakukan apa.  Dalam UML disebut Swim Lane.

Signal

Signal terjadi karena urutan waktu. Sebuah signal menunjukkan bahwa sebuah activity menerima sebuah event dari proses luar. Ini menunjukkan bahwa activity tersebut secara tetap mendengar signal tersebut dan diagram mendefinisikan bagaimana activity beraksi. Contoh pengiriman dan penerimaan signal.

Flow & Edge

Untuk mendeskripsikan hubungan diantara dua action biasanya digunakan flow & edge.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s